Minggu, 24 Januari 2010

Instalasi Moodle

Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas” digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment.

Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat mendownload aplikasi Moodle di alamat http://www.moodle.org. Saat ini Moodle sudah digunakan pada lebih dari 150.000 institusi di lebih dari 160 negara didunia.

Ada beberapa alasan yang menjadikan Moodle sebagai salah satu LMS / CMS yang populer digunakan oleh banyak institusi pendidikan :

1. Free dan Open Source

Moodle merupakan aplikasi yang bersifat open source, sehingga dapat dimodifkasi secara bebas sesuai dengan kebutuhan dari institusi yang menggunakannya.

Moodle didistribusikan secara gratis, sehingga tidak membutuhkan banyak dana untuk membeli aplikasinya, yang dibutuhkan hanyalah dana untuk membayar bandwith yang digunakan untuk mendownload master Moodle.

2. Ukuran kecil, kemampuan maksimal

Dengan ukuran yang kecil namun mampu mengelola aktifitas kegiatan akademik dan pembelajaran hingga seukuran sebuah universitas dengan jumlah mahasiswa sekitar 50.000 orang.

3. Dilandasi oleh Educational Philosophy

Moodle tidak dibangun oleh seorang computer scientist murni, tapi berdasarkan kepada pengalaman dan latar belakang pendidikan dalam bidang ilmu pendidikan. Sehingga moodle mampu mengakomodir hampir semua kebutuhan pendidikan konvensional yang ditransfer dalam wujud e-learning.

4. Mempunyai komunitas yang besar dan saling berbagi

Komunitas pengguna moodle tergabung dalam suatu organisasi yang bernaung dibawah bendera www.moodle.org.



materi bisa di download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar