Kamis, 17 Desember 2009

Fast Ethernet - Gigabit Ethernet

LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Saat ini yang disebut dengan LAN kinerja tinggi adalah sebuah LAN yang memiliki transfer rate 100 Mbps atau lebih.

Fast Ethernet merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai 100 megabit per detik.

Gigabit Ethernet merupakan perluasan dari standar IEEE 802.3 Ethernet. Gigabit Ethernet didasarkan pada protokol Ethernet, namun kecepatan meningkat sepuluh kali lipat lebih dari Fast Ethernet, sampai dengan 1000 Mbps, atau 1 Gbps.

Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet dapat menggunakan media kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) maupun fiber. Terdapat beberapa jenis/tipe kabel UPT yang biasa digunakan sebagai media transmisi dalam jaringan komputer, namun yang paling sering digunakan pada Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet adalah UPT categori 5 (cat 5), categori 5e (cat 5e) dan categori 6 (cat 6).

Topologi yang digunakan pada metode/arsitektur Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet adalah bus dengan menggunakan protokol 802.3. Metode/arsitektur Ethernet, Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet dapat digabungkan dalam sebuah arsitektur jaringan tanpa menggunakan bridge karena protokol yang digunakan masih sama.

2 komentar:

  1. pak mau tny provider yang murah apa pak yah? yg sekirany tuh cepet n murah sekisara 150.000rupi'ah

    BalasHapus